Teknologi Sistem Cerdas (Artificial Intelligence) adalah cabang ilmu
komputer yang bertujuan untuk membuat mesin cerdas. AI merupakan kemampuan
mesin atau sistem untuk beradaptasi dalam mencapai tujuan pada lingkungan yang
dapat mempengaruhi perilaku sistem. Hal ini telah menjadi bagian penting dari
industri teknologi. Penelitian terkait dengan kecerdasan buatan sangat teknis
dan khusus. Sistem Cerdas adalah gabungan dari Expert System dan Decision
Support System, secara teknis sistem pakar mencakup kedua hal tersebut. Sebagai
sistem yang mampu menirukan perilaku manusia, sistem mempunyai ciri khas yang
menunjukkan kemampuan dalam hal :
§ Menyimpan informasi
§ Menggunakan informasi
yang dimiliki untuk melakukan suatu pekerjaan dan menarik kesimpulan
§ Beradaptasi dengan
keadaan baru
§ Berkomunikasi dengan
penggunanya
Pada awal abad 17,
René Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya
mesin-mesin yang rumit. Blaise Pascal menciptakan mesin penghitung digital
mekanis pertama pada 1642. Pada 19, Charles Babbage dan Ada Lovelace bekerja
pada mesin penghitung mekanis yang dapat diprogram.
Bertrand Russell dan
Alfred North Whitehead menerbitkan Principia Mathematica, yang merombak logika
formal. Warren McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan "Kalkulus Logis
Gagasan yang tetap ada dalam Aktivitas " pada 1943 yang meletakkan pondasi
untuk jaringan syaraf.
Tahun 1950-an adalah
periode usaha aktif dalam AI. Program AI pertama yang bekerja ditulis pada 1951
untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di University of Manchester (UK):
sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey dan
program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz. John McCarthy membuat
istilah "kecerdasan buatan " pada konferensi pertama yang disediakan
untuk pokok persoalan ini, pada 1956. Dia juga menemukan bahasa pemrograman
Lisp. Alan Turing memperkenalkan "Turing test" sebagai sebuah cara
untuk mengoperasionalkan test perilaku cerdas. Joseph Weizenbaum membangun
ELIZA, sebuah chatterbot yang menerapkan psikoterapi Rogerian.
Selama tahun 1960-an
dan 1970-an, Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk
mengintegrasikan masalah di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan
yang sukses pertama kali dalam bidang matematika. Marvin Minsky dan Seymour
Papert menerbitkan Perceptrons, yang mendemostrasikan batas jaringan syaraf
sederhana dan Alain Colmerauer mengembangkan bahasa komputer Prolog. Ted
Shortliffe mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis aturan untuk representasi
pengetahuan dan inferensi dalam diagnosa dan terapi medis yang kadangkala
disebut sebagai sistem pakar pertama. Hans Moravec mengembangkan kendaraan
terkendali komputer pertama untuk mengatasi jalan berintang yang kusut secara
mandiri.
Pada tahun 1980-an,
jaringan syaraf digunakan secara meluas dengan algoritma perambatan balik,
pertama kali diterangkan oleh Paul John Werbos pada 1974. Tahun 1990-an
ditandai perolehan besar dalam berbagai bidang AI dan demonstrasi berbagai
macam aplikasi. Lebih khusus Deep Blue, sebuah komputer permainan catur,
mengalahkan Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan 6 game yang terkenal pada
tahun 1997. DARPA menyatakan bahwa biaya yang disimpan melalui penerapan metode
AI untuk unit penjadwalan dalam Perang Teluk pertama telah mengganti seluruh
investasi dalam penelitian AI sejak tahun 1950 pada pemerintah AS.
Tantangan Hebat DARPA,
yang dimulai pada 2004 dan berlanjut hingga hari ini, adalah sebuah pacuan
untuk hadiah $2 juta dimana kendaraan dikemudikan sendiri tanpa komunikasi
dengan manusia, menggunakan GPS, komputer dan susunan sensor yang canggih,
melintasi beberapa ratus mil daerah gurun yang menantang.
Konsep Dasar Artificial
Intelligence
1. Sistem Pakar (Expert System). Disinikomputer
digunakan sebagai sarana untuk menyimpan pengetahuan parapakar. Dengan demikian
komputer akan memiliki keahlian untuk
menyelesaikan permasalahan dengan meniru keahlian yang dimiliki oleh pakar.
2. Decision Support Systems (DSS) atau system pendukung
keputusan adalah serangkaian kelas tertentu dari system informasi
terkomputerisasi yang mendukung kegiatan pengambilan keputusan bisnis dan
organisasi.
3. Pengolahan Bahasa Alami (Natural
LanguageProcessing ). Dengan pengolahan bahasa alami ini diharapkan
user dapat berkomunikasi dengan komputer
dengan menggunakan bahasa sehari-hari.
4. Pengenalan Ucapan (Speech
Recognition).Melalui pengenalan ucapan diharapkan manusia dapat
berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan
suara.
5. Robotika & Sistem Sensor (Robotics &
SensorySystems).
6. Computer Vision , mencoba untuk
dapatmenginterpretasikan gambar atau obyek-obyek tampak
melalui komputer.
7. Intelligent Computer-Aided Instruction.
Komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar.
8. Game Playing.
Kelebihan Artificial Intellegence
- Kemampuan menyimpan data yang tidak terbatas (dapat disesuaikan dengan kebutuhan).
- Memiliki ketepatan dan kecepatan yang sangat akurat dalam system kerjanya
- Dapat digunakan kapan saja karena tanpa ada rasa lelah atau bosan
Kekurangan Artificial Intellegence
- Teknologi artificial intelegensi tidak memiliki common sense. common sense adalah sesuatu yang membuat kita tidak sekedar memproses informasi, namun kita mengerti informasi tersebut. Kemengertian ini hanya dimiliki oleh manusia.
- Kecerdasan yang ada pada artificial intelligence terbatas pada apa yang diberikan kepadanya (terbatas pada program yang diberikan). Alat teknologi artificial intelligence tidak dapat mengolah informasi yang tidak ada dalam sistemnya.
Sistem Pakar (Expert System)
Pada Expert System terdiri banyak pengetahuan (knowledge) dari seorang
pakar bidang tertentu dan seperangkat aturan (rule) yang akan mencari dan mencocokkan
knowledge sampai ketemu solusi suatu masalah. Pengetahuan tersebut meliputi
fakta-fakta, dalil-dalil yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah tersebut.
Misalnya program Prospector yang dibuat tahun 1978 untuk pemakaian di bidang
geologi, basis pengetahuannya (knowledge base) dibuat berdasarkan ilmu para
pakar di bidang geologi. Program MYCIN untuk membantu dibidang kedokteran
khususnya untuk mendiagnosisi penyakit.
Contoh Penerapan Artificial
Intelligence
Teknologi Cortana, yaitu Sistem Cerdas buatan Microsoft untuk membantu user, digunakan pada Windows
10 dan Windows phone, adalah salah satu aplikasi
mobile pada Windows yang diluncurkan pada 21 Januari 2015. Serupa dengan fungsi
Siri, Cortana adalah personal assistant baru yang bisa digunakan oleh para
pengguna Windows 10. Meskipun kehadiran Cortana masih terbilang baru dan belum
bisa dikatakan lulus Turing Test, namun teknologi Cortana tentu akan memberikan
pengalaman mobile yang lebih seru dan canggih bagi kita. Semakin sering Cortana
membantu kita untuk melakukan aktivitas mobile, maka Cortana akan mengenal kita
dengan baik dan bisa memberikan bantuan secara efektif.
Source :
0 komentar:
Posting Komentar